Puasa adalah amalan rahasia antara hamba dengan Allah

 



Sesungguhnya puasa adalah rahasia antara seorang hamba dengan Rabbnya yang tidak bisa terlihat oleh orang lain, karna puasa terdiri dari niat bathin yang tidak ada yang mengetahuinya kecuali Allah . . .

( lathoiful ma'aarif halaman 290 )

" . . Sesungguhnya siapa saja yang meninggalkan apasaja yang diperintahkan oleh hawa nafsunya ( di bulan ramadhan)  karna Allah, sementara (dia menyadari) bahwa dzat yang memerintah dan melarangnya tersebut tidak pernah ia lihat ( didunia), maka ini menunjukkan akan benarnya imannya. 

Allah Ta'ala mencintai hamba hambanya yang bermuamalah dengan Nya dalam keadaan rahasia ( sendirian) yang mengetahuinya hanyalah antara ia dengan Allah saja. 

Orang orang yang mencintaiNya juga cinta untuk bermualah dengan Allah dalam keadaan rahasia (sendirian) yang mengetahuinya hanyalah antara dirinya dengan Allah saja. Dan hamba tersebut tidak pernah menoleh sedikitpun untuk beribadah kepada selain Allah.

 Sampai sampai, sebagian dari mereka (hamba hamba yang mencintai Allah tersebut) sangat ingin beribadah kepada Allah dalam keadaan malaikat hafadzah tidak melihat ibadahnya . . ." 

( lathoiful ma'aarif halaman 290)

Next Post Previous Post